logo blog
Selamat Datang Di Blog Info '12
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Info '12,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada anda semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna untuk masyarakat.

Cara Membuat Tas Dari Bungkus Detergent


Blog Info.Di dunia ini sudah banyak sampah yang berserakan.Terutama dari hasil penggunaan dari manusia,sehingga banyak dijumpai sampah rumah tangga di mana - mana.Sampah dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti sampah kering,sampah basah dan sampah organik.Semakin berkembangnya jaman maka manusia semakin terampil dalam mengolah sampah yang sudah tidak terpakai lagi,seperti sampah plastik.Pemanfaatan sampah plastik ini sangat inovatif dikarenakan sampah plastik sulit diurai dan membutuhkan jangka waktu yang lama,serta semakin banyaknya sampah dari bungkus plastik tersebut.Salah satu contoh dari pemanfaatan kembali adalah mengolah sampah bungkus detergent menjadi suatu kerajinan,contohnya adalah tas.Hal ini sangatlah ekonomis karena sampah tersebut menjadi memiliki nilai jual.Berikut merupakan cara - cara pembuatannya:

Alat dan bahan:
1. 4 kemasan plastik 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah untuk sisi depan dan belakang, 2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan).50cm bisban dengan ukuran lebar 3cm untuk tali tas.
2. 1m bisban dengan ukuran lebar 2cm.
3. 4cm perekat
4. 30cm renda katun sebagai pemanis.
5. Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.

Cara membuat:
1.Membersihkan kemasan plastik dari segala noda dan kotoran. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kertas tisu. Jika noda sulit dibersihkan, kita bisa merendam plastik di dalam air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena akan merusak tekstur plastik.

2.Menggunting dua buah kemasan dengan ukuran yang diinginkan. Dan diusahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.

3.Menggunting dua kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahit bisban pada sisi lebar masing-masing kemasan yang sudah dipotong.

4.Memasang dan menjahit perekat, dengan menggunakan mesin jahit, pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.

5.Memasang dan menjahit bisban lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang), sebagai tali tas.

6.Kemudian memasang dan menjahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.

7.Menyambungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.

8.Menghubungkan dan menyambung dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.

9.Lalu memasang bisban pada seluruh tepinya. Jadilah sebuah tas mungil nan cantik, berbahan kemasan plastik. Cara yang sama juga bisa kita lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar.



Enter your email address to get update from Blog Info '12.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar anda, jangan melakukan spam, jangan pasang link aktif, dan jangan promosi produk dan jangan berkomentar yang berbau Sara dan Pornografi.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2013. Blog Info | Blog Info 12 - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger